Blurb

Blurb adalah informasi mengenai isi bukumu. Biasanya blurb dicantumkan pada cover belakang, dibuat dengan kata-kata menarik dan menyisipkan misteri di bagian akhir supaya calon pembeli bukumu penasaran. Dari blurb, mereka akan bisa memutuskan apakah jadi membeli bukumu atau tidak.

Blurb adalah bagian penting dari marketing bukumu. Sangat penting untuk mendapat perhatian pembaca. Blurb yang bagus dibuat sependek mungkin. Jika bukumu non fiksi, tuliskan fakta yang up-to-date, lalu beri sejumlah pertanyaan di bagian akhir. Jika kamu menulis novel, kamu bisa menghapus sub-plot, menambahkan ketegangan untuk membuat isinya lebih dramatis. Usahakan blurb novelmu tidak menyebut lebih dari dua nama karakter, dengan begitu pembaca akan semakin kepo lalu tak tahan membeli novelmu.

Saat menulis novel, saya suka membuat blurb dengan cara prinsip SEKO-JUAN-SIJI aka SETTING, KONFLIK, TUJUAN, SOLUSI DAN JANJI EMOSIONAL

Setting : memberi gambaran mengenai karakter dalam setting tempat dan waktu tertentu

Konflik : menceritakan karakter dalam situasi di mana mereka harus merespon. Cara terbaik memulai bagian blurb ini adalah dengan kata-kata seperti…tetapi, …walaupun, …hingga

Tujuan : menggambarkan apa yang karaktermu lakukan

Solusi : menawarkan harapan pada pembaca, tunjukkan bagaimana karakter protagonis menyelesaikan masalah. Beri pembaca alasan untuk memilih bukumu dengan menggunakan kata semacam… apabila, kalau, jika…

Janji emosional : katakan apa yang akan dirasakan pembaca ketika membaca bukumu. Bangun mood untuk mereka.

Di sini saya kasih contoh blurb dari novel yang baru selesai saya tulis. (Nama karakter asli dalam novel saya ubah ya, hehe…)

Jakarta. Suatu malam di masa depan. Para alien telah menguasai bumi dan menjajah berbagai belahan dunia hingga sampai di Malaysia. Mayor Basuki yang merupakan ahli strategi perang TNI, yang sudah berkali-kali bertugas ke banyak daerah konflik di Afrika dan Timur Tengah, berusaha mencegah para alien agar tidak menyebrangi Selat Malaka. Peperangan demi peperangan berlangsung dengan kekalahan hingga sebuah kemenangan tak terduga memberikan harapan bagi kemanusiaan.

Namun, banyak musuh yang tak terlihat. Sebuah rencana menguasai Indonesia gagal dan Basuki terlibat dalam peperangan yang tak memberinya kesempatan untuk berjuang. Dia mati. Namun setiap kali kematian menghampirinya, ia bangkit dan berjuang lagi. Demikian Basuki menjalani hidupnya hingga ia bertemu seorang prajurit muda, sersan Vero, yang bisa membantu Basuki melawan musuh-musuhnya. Basuki dan Vero terus terus melawan para alien, sementara mereka semakin memahami satu sama lain.

Keberhasilan mereka akan menyelamatkan bumi selamanya.

Novel fiksi ilmiah yang penuh ketegangan ini akan menunjukkan pada Anda bagaimana jiwa kepahlawanan terbentuk dan sebuah kemenangan dapat diraih. Menyadarkan setiap orang harus tetap berusaha keras meskipun peluangnya kecil.

Cara membuat blurb dengan prinsip SEKO-JUAN-SIJI di atas bisa kok diaplikasi untuk naskah apa saja, dari genre apa saja. Mulai latihan saja, misalnya dengan menuliskan blurb dari buku yang pernah kamu baca atau film yang kamu tonton baru-baru ini.

Semangat menulis, ya…

Butuh bantuan dalam menyelesaikan naskahmu? Atau butuh ghostwriter yang bisa membantu mewujudkan naskah impianmu saat kesibukan membuatmu nggak punya waktu untuk nulis naskah?

Kontak saya di savitriastrid@gmail.com

Facebook Comments

2 Replies to “Blurb”

Leave a Reply