Kecolongan (Bag. 2)

Oke, negara kita mungkin kecolongan – tapi Malaysia memang keterlaluan.

Karena gemas, saya pun mencari-cari info mengenai kesenian Barongan Malaysia. Aneh juga bhw kemudian saya menemukan bhw di negara bagian Johor ada setidaknya sepuluh kelompok kesenian Barongan (Reog), dan lebih aneh lagi bhw ternyata semua anggotanya berdarah Jawa. Rupanya mereka generasi ketiga dari pekerja perkebunan kelapa sawit di Johor yg di’impor’ oleh Belanda dari tanah Jawa. Mereka lah yg melestarikan kesenian Reog Ponorogo, yg krn lidah setempat namanya kemudian berubah menjadi Barongan.

Saya jadi ingat cerita seorg teman yg berasal dari Kentucky. Katanya di kampungnya sudah menjadi rahasia umum bhw sebelas bumbu rahasia kolonel Sanders didapatnya dari seorang Indonesia pd masa perang dunia kedua. Saat itu prajurit Sanders sempat ditempatkan di Asia Pasifik. Entah bagaimana, dia sempat satu sel dgn pemuda Jawa, yg kemudian memberinya resep ayam goreng Jawa. Usai perang, pak Sanders ini menguji coba resep tsb, ayam diungkep dgn macam-macam bumbu lalu digoreng dgn minyak sangat panas. Saya gak tau bagaimana org Kentucky sebelumnya menggoreng ayam, yg pasti KFC mendunia. Terlepas apakah teman saya saat itu bohong atau mabuk, kecuali jenis ayamnya – rasa orgininal KFC memang agak mirip ayam goreng Ny. Suharti. Mungkin sayanya aja yg terpengaruh, tapi seandainya cerita itu benar – berarti kita sudah lama kecolongan.

Dan, masih ngomongin ttg kecolongan. Beberapa hari yg lalu saya kepingin masak makanan Thailand. Di majalah Australia Vogue Living, saya akhirnya menemukan resep masakan Thai yg gak ribet, namanya Chilli-Fried Prawns. Yg bikin saya tercengang, adalah kata sambal oelek dlm bhn2nya – waktu saya cek, keterangannya begini: Sambal oelek is a popular, ready-made chilli condiment from Thailand and is available in jars from most major supermarkets and Asian food shops and markets. Sebagai fans berat sambel uleg – tentu saja saya gak terima, secara sambel uleg kan khasnya org Indonesia, kok malah ditulis sambel asal Thailand. Mungkin memang negeri Siam punya sambel macam itu, tapi namanya pasti bukan Sambal Oelek, kan?

Saya menghibur diri dgn meyakinkan bhw bukan bangsa kita aja yg (terlalu) sering kecolongan, sebab es krim pertama kali dibuat oleh org Cina – bukan Italia, teropong pun tidak ditemukan oleh bangsa Eropa melainkan bangsa Arab, dan memangnya bangsa mana yg menciptakan ilmu Aljabar? Lagipula kenapa harus kesal? Bangsa lain bisa saja mengklaim ini itu sebagai identitasnya, tapi kita juga sering membajak klaim mereka, bukan? Dan semua tahu, di bagian ini, kebanyakan dari kita memang paling ahli, hehe..

Jadi siapa yg kecolongan?

Facebook Comments