Saya jarang banget menulis tentang liburan. Entahlah buat saya, cerita liburan keluarga kok terlalu pribadi buat di-share. Beberapa foto seru mungkin saya upload di medsos sekadar memenuhi permintaan teman-teman yang ingin tahu, tapi saya gak suka menceritakan terlalu detail. Kisah liburan ke Singapura beberapa tahun lalu pun akhirnya tak jadi saya posting, selain malas saya juga tak ingin pamer.

Pertemuan saya dengan seorang kawan lama yang sering ke luar negeri, baik untuk kerja maupun liburan, membuat saya akhirnya menulis postingan ini. Ia menyemangati saya untuk mencoba menulis cerita liburan. “Sederhana saja, bukan pamer.” Begitu ia menjawab keberatan saya. Demi dia, yang selalu baik dan respek pada saya, maka saya akan menambah kategori di blog ini, judulnya Liburan

Pertanyaannya, cerita jalan-jalan yang mana? Liburan sekolah anak-anak kali ini lumayan lama, dua minggu. Awalnya sih pilihan saya antara Bali atau Lombok. Tapi masa iya Bali dan Lombok lagi? Walau selalu ada tempat-tempat baru yang menarik tapi saya kepingin suasana yang beda. Menentukan destinasi liburan bareng dua abege gampang-gampang susah, mesti cari tempat yang bikin mereka gak bosen dan juga ada kegiatan seru selama liburan. Buat saya sih sebenarnya pantai udah paling oke untuk liburan bareng anak. Saya pecinta pantai, demikian juga dengan anak-anak. Suami  sebenarnya lebih suka pegunungan, tapi dia orangnya nyantai aja mau liburan ke mana, asal jelas itinerary-nya.

Akhirnya bulan lalu saya browsing pantai-pantai yang bagus dan abege friendly selain di Bali, dan gak sengaja lihat gambar Pantai Kemala di Balikpapan. Cantik banget dan lumayan mirip pantai di Jimbaran Bali. Selain itu penasaran juga pingin lihat kampung atas air, seru kayaknya. Lagipula, meski pernah di Sulawesi, Sumatera dan Bali, selama ini saya belum pernah bawa anak-anak liburan ke pulau terbesar di Indonesia ini.

Pantai Kemala Balikpapan. Sumber gambar dari sini 
Kampung Atas Air Balikpapan. Sumber gambar dari sini

Langsung deh saya browsing tiket dan hotel bagus di Balikpapan. Pilihan hotel yang gak jauh dari Bandara menurut beberapa OTA ternyata banyak, tapi akhirnya saya memutuskan Hotel Ibis Balikpapan. Pertimbangnya sederhana, ada kolam renang. Ya buat kepentingan siapa lagi kalau bukan buat dua abege yang hobi berenang itu.

Selanjutnya tinggal browsing destinasi-destinasi wisata yang oke di sana. Rencana liburan sih minggu kedua Juli, sekaligus sebagai hadiah buat prestasi sekolah kedua anak saya dan kado ultah anak kedua saya. Semoga gak ada halangan dan rencana liburan kami berjalan lancar 🙂

Facebook Comments

Leave a Reply