They Come From The Forest, Too

Posted on Posted in About LIfe

Suatu siang – saya jajan bakso di sekitar boulveard kampus. Tidak jauh dari tempat saya makan, segermbolan mahasiswa berdemonstrasi memprotes penggundulan hutan. Seperti demonstrasi lainnya, seseorang berteriak-teriak dengan megaphone sementara lainnya berbaris tertib membawa karton-karton bertuliskan kalimat-kalimat yang menghakimi.. entah siapa!

Saya terharu dengan niat baik mereka..tapi kemudian tertawa sendiri melihat mereka – di bawah terik matahari – melap keringatnya dengan.. tissue! Lebih buruk lagi tissue bekas itu dibuang begitu saja di jalan.

Tissue.. bagaimanapun juga adalah produk dari hutan! Juga karton-karton yang mereka pakai dan kemungkinan sesudahnya mereka buang begitu saja. Lalu kenapa orang lain nggak boleh menggunduli hutan kalau konsumsi tissue dan kertas begitu tinggi? Seseorang bisa saja menyarankan sebaiknya pakai material daur ulang..tapi bukankah harganya jauh lebih mahal? Masih lebih mudah menggunduli hutan kan?

Dan kalau banyak orang mati karena banjir atau tanah longsor..itu bukan salah orang lain yang melap keringatnya pakai tissue, kan?

Facebook Comments